Home > Inovasi Pembelajaran > Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Dasar Kimia Menggunakan Strategi Circuit Learning Melalui Pendekatan Emosional

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep-konsep Dasar Kimia Menggunakan Strategi Circuit Learning Melalui Pendekatan Emosional

ABSTRAKSI

Pengajaran kimia pada siswa sekolah menengah menawarkan salah satu dari tantangan-tantangan yang besar bagi para pengajarnya karena sejumlah besar materi yang luas dan bersifat abstrak harus diberikan kepada siswa secara cepat. Kurangnya kemampuan intelektual siswa untuk memahami material tersebut memungkinkan terjadinya miskonsepsi, yaitu pemahaman yang umumnya dimiliki oleh masyarakat ilmiah. Strategi Circuit Learning melalui pendekatan emosional diharapkan dapat mewakili hak-hak siswa untuk menunjukkan prestasi terbaik mereka. Strategi ini meliputi empat langkah pokok, yaitu: (1) identifikasi modalitas belajar siswa; (2) penciptaan situasi konflik pada struktur kognitif siswa dengan pemberian latihan dan ulangan harian; (3) pemberian bimbingan belajar dan pendekatan emosional pada siswa untuk melakukan proses ekuilibrasi; dan (4) rekonstruksi pemahaman siswa dengan remidiasi berulang. Strategi Circuit Learning melalui pendekatan emosional selain dapat menghilangkan miskonsepsi, pendekatan ini dapat juga digunakan untuk meningkatkan kemampuan intelek siswa. Ketika para siswa ingin terus meningkatkan kemampuannya yang terbaik daripada sebelumnya, mereka menjadi lebih termotivasi secara internal oleh kemauan dan keahlian, bukan termotivasi secara eksternal oleh nilai.

Selain itu, guru juga dapat meminta siswa membuat grafik atau diagram tentang prestasi mereka pada setiap kompetensi dasar dan mengajarkan kepada mereka bagaimana menilai pekerjaan orang lain serta memberikan saran tentang bagaimana memperbaiki pekerjaan atau meningkatkan kinerja mereka.

Kata-kata kunci:  konsep-konsep dasar kimia, strategi circuit learning, pendekatan emosional.


Aminu Irfanda Supanda

[1] Disusun untuk mengikuti Simposium Nasional ke-3 Tahun 2005

[2] Guru Ilmu Kimia SMU Negeri 1 Sumbawa Besar

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: