Home > Inovasi Pembelajaran > Implementasi Cooperative Learning Pada Pokok Bahasan Gugus Fungsi Senyawa Karbon Dengan Memanfaatkan Hunting Kreativitas

Implementasi Cooperative Learning Pada Pokok Bahasan Gugus Fungsi Senyawa Karbon Dengan Memanfaatkan Hunting Kreativitas

ABSTRAKSI

Untuk membantu mempersiapkan seseorang mendapatkan pengalaman belajar yang optimal, diperlukan lingkungan kerja sama di dalam komunitas belajar yang murni. Kerja sama membantu pembelajar mengurangi tekanan dan lebih banyak memanfaatkan energi kejiwaan untuk belajar. Kerja sama antar pembelajar menciptakan sinergi manusiawi yang memungkinkan berbagai wawasan, gagasan, dan informasi mengalir bebas. Dan itu dapat meningkatkan pengalaman belajar bagi semua orang.

Ilmu kimia menjadi sangat penting dan menyenangkan untuk dipelajari apabila pengajar benar-benar mampu mengoptimalkan media, suasana yang menyenangkan dan mau belajar dari keadaan yang terus berubah. Metode pembelajaran kooperatif adalah adalah bentuk pembelajaran yang memadukan kemampuan berpikir (mind), memperoleh fakta-fakta (acquire the fact), menyelediki makna (search out the meaning), memicu ingatan (trigger the memory), mempresentasikan apa yang kita ketahui (exhibit what you know), dan merefleksikan (reflect).

Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif dan hunting kreativitas.

Aminu Irfanda Supanda

[1] Dipresentasikan pada Simposium Nasional ke-2 tanggal 4 s.d. 7 Oktober 2004 di Cisarua-Bogor, Jawa Barat

[2] Guru Ilmu Kimia SMU Negeri 1 Sumbawa Besar

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: