Home > Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK > Pemanfaatan Media Slide Presentasi Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Kimia dan TIK

Pemanfaatan Media Slide Presentasi Power Point untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Kimia dan TIK

Aminu Irfanda Supanda

Materi-materi pada Mata Pelajaran Kimia yang dapat digunakan sebagai Tugas  Siswa Secara Berkelompok

Materi-materi yang dapat dilakukan dengan penyajian presentasi pada pokok bahasan:

  • Sistem Periodik Unsur: perkembangan sistem periodik, hubungan konfigurasi elektron dalam sistem periodik, golongan dan periode, sifat periodik (energi ionisasi, afinitas elektron, jari-jari atom dan kelektronegatifan)
  • Struktur Atom: perkembangan teori atom, bilangan kuantum, orbital, konfigurasi elektron.
  • Ikatan Kimia: hukum kekekalan orbital, ikatan ion, rumus Lewis, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinat, ikatan logam, dipol dan kepolaran, bentuk molekul dan ikatan antar molekul (ikatan Van der Waals, ikatan hidrogen).
  • Sistem Koloid,  terutama Gerak Brown, Efek Tyndall, Prinsip Kerja Alat Cottrell, Koloid Liofil dan Liofob, Prinsip Kerja Sabun dan Deterjen saat Membersihkan Kotoran, dll.

Pengalaman Belajar yang Diharapkan

Ilmu kimia dibangun melalu pengembangan keterampilan-keterampilan proses sains yaitu:

  • mengobservasi atau mengamati, termasuk di dalamnya menghitung, mengukur, mengklasifikasi, dan mencari hubungan ruang dan waktu.
  • menyusun hipotesis;
  • merencanakan penelitian/eksperimen;
  • mengendalikan/memanipulasi variabel;
  • menginterpretasi atau menafsirkan data;
  • menyusun kesimpulan sementara (interferensi);
  • meramalkan atau memprediksi;
  • menerapkan atau mengaplikasikan; dan
  • mengkomunikasikan.

Standar Kompetensi Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi

Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas, standar kompetensi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:

  • Pemahaman konsep, pengetahuan dan operasi dasar antara lain siswa mampu memanipulasi perangkat lunak seperti sistem operasi, program pengolah kata, lembar kerja (worksheet), program presentasi, program database, program grafik, perencanaan web (web design), serta pengenalan bahasa pemrograman.
  • Pengolahan informasi untuk produktivitas antara lain siswa mampu menjalankan sistem operasi (operating system) dan manajeman file. Selain itu mampu membuat dokumen dengan tabel, diagram, mail merge, presentasi, data base, membuat homepage interaktif dan menggunakan internet untuk berkomunikasi, serta menggunakan bahasa pemrograman sebagai pengayaan.
  • Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi antara lain siswa mampu mencari informasi, dan berkomunikasi melalui internet, membuat karya dengan program pengolah kata, lembar kerja (worksheet), dan basis data, presentasi, serta mengkombinasikannya.

Rancangan Pengembangan Pembelajaran Kimia Berbantuan Komputer

Tahapan-tahapan dalam implementasi meliputi langkah-langkah yang dilakukan dalam penyelesaian masalah dengan komputer khususnya dalam pembuatan slide presentasi antara lain:

  • Mendefinisikan masalah: bentuk masalah yang diangkat, masukan apa saja yang diperlukan, hasil yang diinginkan
  • Membuat bagan dan struktur cara penyelesaian: bagan penyelesaian secara global, deskripsi berbagai tugas serta sub-tugas masing-masing bagian tersebut.
  • Memilih metode penyelesaian dengan struktur data dan algoritma terbaik.
  • Mencari kesalahan meliputi ketelitian, alur, logika, kemudahan dan penyajian materi dalam narasi.
  • Uji dan verifikasi yang dilakukan untuk menjamin bahwa sampai tingkat kepuasan tertentu program berjalan dengan benar untuk semua kemungkinan akan menghasilkan hasil yang benar.
  • Dokumentasi tertulis bagi: pemakai, berupa petunjuk pemakaian program, pembuat program yang akan digunakan untuk perbaikan  slide dikemudian hari.
  • Pemeliharaan program: perbaikan kekurangan yang diteruskan kemudian, modifikasi atas dasar penambahan dalam spesifikasi masalah.

Penyajian

Penyajian inovasi pembelajaran ini mengacu pada hal-hal berikut ini:

  1. Membahas dua pokok bahasan mata pelajaran yang berbeda yaitu kimia dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  2. Pemecahan masalah, eksplorasi dan komunikasi antara lain siswa mampu mencari informasi, dan berkomunikasi melalui internet, ensiklopedi, buku-buku paket kimia serta mengkombinasikannya dalam bentuk presentasi dan mengkomunikasikannya.

Strategi Pembelajaran

  • Pada awal semester guru mengelompokkan materi yang dapat dijadikan proyek presentasi kimia. Tugas dikerjakan selama 2 bulan, meliputi pencarian informasi, menyusun dan mengelompokkan informasi, konsultasi dengan guru bidang studi kimia maupun TIK, presentasi setiap kelompok, evaluasi dan perbaikan, dan pada akhirnya proses penyempurnaan.
  • Berkoordinasi dengan guru bidang studi teknologi informasi dan komunikasi dan membagi tugas atau peran sesuai tujuan masing-masing yang diharapkan.
  • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar, masing-masing kelompok diberikan tugas membuat presentasi sesuai dengan pokok bahasan yang telah sediakan oleh guru antara lain: elektroforesis, efek Tyndall, gerak Brown, dialisis, kegunaan koloid, jenis-jenis koloid, manfaat koloid.
  • Masing-masing kelompok mencari referensi yang sesuai dengan topik yang disajikan melalui ensiklopedia, buku-buku referensi diperpustakaan, dan dapat pula mengekplorasi informasi di internet.
  • Siswa mulai menyusun sajian materi dengan tetap melakukan konsultasi dengan guru bidang studi kimia maupun TIK. Guru kimia mengevaluasi sajian materi sementara guru TIK mengevaluasi penyajian grafis, keterbacaan teks, visualisasi (animasi).

Pada kegiatan ini siswa-siswa diharapkan mampu mengembangkan bahan informasi dengan menggunakan PowerPoint dan mempresentasikannya dengan baik.
PowerPoint adalah suatu progam grafis yang khusus digunakan untuk mendesain bahan presentasi meliputi teks, gambar, suara, animasi dan film/movie.

[1] Disusun untuk mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran LPMP Provinsi NTB Tahun 2006.

[2] Guru Kimia SMAN 1 Sumbawa Besar

  1. Arkadius
    September 11, 2010 at 4:36 am

    Oh ya,Pak…
    Aku mau buat karya ilmiah yg berjudul Pengaruh pengajaran dengan metode pawer point terhadap daya serap.
    Menurut bapak apa2 saja yang perlu saya buat untuk menjadi landasan teori dan pembahasan..
    saya mintak bantu bapak…
    Pace e bene

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: